Indie Folk Rock Indonesia

Indie folk rock Indonesia merupakan genre musik khusus yang mungkin jarang diketahui oleh khayalak ramai karena memang tidak sepopuler jenis lain. Kali ini kita akan berkenalan dengan Ratih Suryahutamy, atau biasa memanggil dirinya sebagai Neonomora, seorang penyanyi wanita berdomisili Jakarta pada saat sekarang.

Ratih yang dahulu di kenal sebagai pemain judi di Ibcet kini telah memutuskan bahwasanya ia akan menekuni jalan bermusik sebagai profesi utamanya dalam mengekspresikan diri serta mencari nafkah. Neonomora adalah nama panggung Ratih yang masih sangat baru, namun publik mengapresiasi langkahnya karena berani mengambil jalan tak umum yaitu folk rock.

Indie Folk Rock Indonesia Ala Musisi Neonomora

Wanita yang kini berusia tiga puluh tersebut tidak menampik bahwasanya jalan yang ia tempuh tersebut sangat mengandung resiko besar. Pasalnya, remaja milenial kemungkinan besar masih asing dengan genre folk rock karena kurang terkenal di tanah air kita tercinta yaitu Republik Indonesia.

Para penyanyi solois wanita biasanya akan diarahkan oleh manajemen musik untuk mengembangkan aliran pop maupun jazz pada umumnya. Ratih baru saja pulang dari Australia sekitaran 2011 seraya hatinya tertegun karena prihatin melihat industri musik dalam negeri seolah berjalan di tempat.

Kala itu, Ratih berusaha menceritakan kisahnya selengkap mungkin kepada awak media, khususnya wartawan BBC Indonesia atas program berjudul Info Musika. Ia berkelakar bahwa dirinya telah mencintai musik semenjak masih usia kanak – kanak karena mendapat pengaruh dari orangtuanya yang juga mengalir darah musik.

Indie Folk Rock Indonesia Masih Belum Terkenal di Dalam Negeri

Menempuh jalan musisi indie folk rock Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi Ratih Suryahutamy namun sepadan dengan apresiasinya. Siapa sangka, rentang vokal alias jangkauan suara https://lauriekeller.com/ milik Neonomora terbilang penuh tenaga serta lantang dan luas di mana kita dapat merasakannya dalam lagu berjudul Fight ciptaannya.

Ratih terdengar sangat lancar berbahasa Inggris sehingga ia kerap kali menyanyikan sebagian besar lagu buatannya dalam lirik asing. Warnanya sungguh berbeda dengan Black Sabbath, band berjulukan pemuja setan kehilangan taringnya karena sering berteriak saat bernyanyi semasa muda dulu.

Indie Folk Rock Indonesia Masih Belum Terkenal di Dalam Negeri

Single bertajuk Fight tersebut telah diupload ke kanal Youtube Ratih saat mengabadikan kegiatannya pada konser live tahun lalu. Kala itu, Neonomora resmi mengisi acara pada event Java Soulnation Festival sebagai salah satu bintang tamu kehormatan dan mendapatkan respon positif.

Usut punya usut, ternyata Ratih mengagumi sosok presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno karena teringat akan nasehat beliau. Memang bapak bangsa kita ini pernah berkata bahwa rakyat Indonesia harus berani melangkahkan kaki keluar dari ‘kandang’ supaya menambah wawasan dan kaya akan pengetahuan dari berbagai macam sudut pandang.

Meskipun baru saja menikah, Ratih masih tetap bersemangat untuk berkarier di dunia musik dan menekuni bidang indie folk rock. Ia konsisten menggunakan lirik bahasa Inggris agar bisa menarik perhatian pasar di luar Indonesia, dan kelihatannya strategi tersebut dapat terbilang berhasil.

Meraih Posisi Top 100 iTunes Regional Malaysia Bertujuan Go International

Musisi indie folk rock Indonesia cukup mendapatkan penghargaan yang layak dari penikmat musik manca negara khususnya negara tetangga kita. Neonomora cukup terkenal di Malaysia karena single berjudul Fight sempat masuk chart top 100 favorites music pada iTunes wilayah tersebut sehingga mengharumkan nama bangsa.

Neonomora juga pernah berkesempatan menerima liputan eksklusif dalam suatu majalah daftar idn poker yang membahas musik dari Amerika Serikat. Berkat itu pula, jalan menjadi terbuka lebih luas untuknya kala mendapatkan tim berpengalaman dalam menelurkan legenda seperti Muse maupun Coldplay.

Indie Folk Rock Indonesia Meraih Posisi Top 100 iTunes Regional Malaysia

Sarjana komunikasi yang telah lulus dari universitas di negeri kangguru ini sangat tersanjung oleh banyaknya email penggemar terkirim untuknya. Kebanyakan ucapan selamat maupun kekaguman datang dari sejumlah kota terpencil di Indonesia, sesuatu yang mengejutkan bagi seorang Neonomora melebihi ekspetasinya.

Ratih mengira bahwa pencinta folk rock mungkin hanya akan datang dari masyarakat urban perkotaan seperti Bandung atau Jakarta. Setelah mengetahui fakta tersebut, ia semakin bersemangat untuk melanjutkan karyanya menuju tempat yang lebih tinggi lagi dari sekarang.

Kekuatan Neonomora terdapat pada kandungan liriknya yang sarat akan prinsip bermusik serta ekspresif hasil pemikiran Ratih sendiri. Pasalnya, Neonomora punya impian bahwa suatu hari nanti Indonesia dapat menjadi harum namanya di kancah musik International dan mampu bersaing dengan negara maju seperti AS atau Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *